Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Bandung

TravelKulin - Rutinitas yang membosankan sehari-hari di perkotaan,membuat kita ingin berkali-kali bisa berwisata. Karena,sekali aja gak cukup.

Andai bisa libur panjang,bisa bersama keluarga. Namun,jangan pernah lewatkan bersama keluarga berwisata di akhir pekan. Yups,sabtu dan minggu.

Travel Kulin ada rekomendasi nih,buat sobat-sobat travelkulin yang ingin liburan dengan gaya baru. Kamu bisa datang ke bandung. Kalau bicara bandung,pasti yang ada di benak kita adalah Paris van java atau jalan asia-afrika bukan?. jangan fokus itu dulu,yuk kita simak yang belum kamu tahu.

Berikut : 5 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Bandung 

1. Kawah Putih



Kawah Putih Ciwidey Bandung merupakan top destination buat kamu yang gemar berwisata alam.

Salah satu keunikan Kawah Putih adalah suhu sekitar kawah yang nggak terlalu panas karena berada di ketinggian 2.400 mdpl. Nggak heran kalau orang berbondong-bondong mau menikmati keindahan alam satu ini. Kalau Sobat TravelKulin ke sini, jangan lupa bawa jaket, ya, biar ga gemeter kedinginan.

Alamat: Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Provinsi: Jawa Barat
Jam buka: Setiap Hari buka · 07.00–17.00

Tarif / Biaya Parkir Kendaraan (Jasa Lingkungan)
Ada dua tempat parkir yang disediakan bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, yaitutempat parkir bawah yang berada di dekat gerbang masuk dan tempat parkir atas dekat lokasi kawah. 

Tarif Parkir Bawah :
- Tarif Parkir motor atau roda 2 adalah Rp 3.000,-*
- Kendaraan mobil roda empat tarifnya sebesar Rp 6.000,- *
- Kendaraan roda enam / bus tarifnya sebesar Rp 25.000,-*

Jika mobil di parkir di bawah untuk sampai lokasi harus dilanjutkan dengan menaiki ontang-anting dengan tarif seperti yang akan di jelaskan selanjutnya.

Tarif Parkir Atas :

Kendaraan Roda empat / mobil adalah Rp. 150.000,-*

Untuk parkir di atas akan dikenakan biaya yang cukup mahal, namun tentunya tidak perlu biaya lagi untuk ontang-anting karena sudah berada di pinggir kawah,. Analoginya begini, jika mobil travel yang anda naiki berjumlah 10 orang maka Rp 150.000 dibagi 10 orang sama dengan 15.000, ini sama dengan biaya yang dikeluarkan untuk jasa ongkos ontang-anting. 

Tarif Angkutan Wisata (Onang Anting)

Tarifnya adalah Rp 15.000/orang* untuk dua kali jalan (Pulang dan Pergi /PP), mobil ini akan mengantar setiap pengunjung dari pintu gerbang (yang memarkir kendaraannya di tempat parkir bawah) ke lokasi kawah. Istilah Ontang Anting diambil dari bahasa sunda yang berarti mondar mandir.

Bagi anda yang menggunakan roda motor maka wajib menyimpan kendaraannya di tempat parkir bawah. Dari Parkir bawah dekat pintu gerbang ke lokasi pinggir kawah (dekat parkir atas) jaraknya masih cukup jauh sekitar 5 Km, dengan medan yang menanjak tentu tidak mungkin untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Kecuali bagi anda yang suka berpetualang dengan berjalan kaki. Namun demikian pengunjung tidak perlu khawatir sebab untuk sampai dilokasi telah disediakan alat transportasi yang bernama ontang anting dengan tarif Rp 15.000/orang PP.

* Tarif,dapat berubah sewaktu-waktu,tanpa pemberitahuan di blog ini.

2. Curug Malela

 Curug Malela adalah air terjun indah di Desa Cicadas, Bandung Barat. Tingginya yang mencapai sekitar 60 meter dan lebarnya yang mencapai 70 meter bikin curug ini dapat sebutan Niagara Mini Indonesia. Curug Malela juga punya 5 jalur air terjun sehingga panorama indahnya menciptakan sensasi tersendiri yang nggak bakal bisa kamu lupain.

Air Terjun Malela,ini. Terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati, mengalir melalui Sungai Cidadap – Gununghalu.
Curug Malela ini memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan mempunyai lima buah jalur air terjun yang seakan-akan mengingatkan kita kepada yang maha pencipta agar tidak melupakan
salat 5 (lima) waktu. Jika debit air sedang deras maka akan terlihat kemegahannya yang mempesona, bahkan kalau dilihat dari kejauhan terkesan seperti benang-benang sutra halus. 

Disebelah kanan terlihat sebuah tebing yang cukup tinggi berwarna putih yang mengarah ke bawah. Ada kemungkinan bahwa dulunya dinding ini juga sebuah air terjun. Jika memang demikian, dapat dibayangkan betapa indah dan megahnya Curug Malela ini. Sebuah surga tersembunyi yang nyaris terisolir dari peradaban dan bagaikan harta karun yang belum digarap secara optimal.

3. Dusun Bambu

Nama Dusun Bambu pasti sudah nggak asing di telinga Sobat Travelkulin. Meski tergolong baru, popularitas salah satu lokasi wisata di Bandung ini lumayan tinggi. Ini karena konsep traveling satu atap yang ditawarkan pengelola Dusun Bambu. Di tempat ini, Sobat Travelkulin bisa mengakses wisata alam, kegiatan seru, serta wahana permainan. Buat kamu yang mau nginep, tersedia juga berbagai villa lengkap dengan restoran buat wisata kuliner. Seru banget, kan?

Letaknya di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat
Telepon:(022) 82782020
Jam: Setiap Hari 08.00–21.00

4. Ranca Upas

Ranca Upas, adalah tempat wisata di Bandung bagian selatan. Tempat wisata ini awalnya adalah sebuah bumi perkemahan biasa saja. Pengembangan sarana dan prasarana terus dilakukan, termasuk bertambahnya beberapa fasilitas serta objek wisata.
Alamat Ranca Upas:
Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.
Akses Wisata:
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari Jakarta, Bogor, Cirebon, Indramayu, dan wilayah Parahyangan seperti Cianjur, Sukabumi, Subang, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dan beberapa daerah lainnya di Jawa Barat, bahkan tidak sedikit pula dari luar Pulau Jawa.

Untuk mempermudah para wisatawan menuju area wisata ini, sebagai gambaran, berikut kami sampaikan rute yang dapat digunakan. Untuk mempermudah, sebagai contoh adalah menggunakan rute Jakarta > Bandung > Ciwidey Ranca Upas.

5. Pemandian Air Panas Cimanggu


Kalau warga lokal ditanyain soal lokasi wisata di Bandung favorit mereka, salah satu jawabannya pasti Pemandian Air Panas Cimanggu. Berlokasi di Jalan Raya Rancabali, Ciwidey, Bandung, pemandian ini cocok dikunjungi buat kamu yang pengin menikmati keindahan alam sambil berendam di kolam air panas alami.

Objek wisata ini juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara karena fasilitasnya yang lengkap. Ada penginapan dan pondokan yang bisa kamu pilih sesuai selera. Harga tiket dan transportasi ke pemandian ini juga nggak terlalu mahal. Pokoknya pas di kantong.

Lokasi

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.


Gimana,referensi dari TravelKulin?. Semoga bermanfaat,terima kasih telah berkunjung.

1 comment for "5 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Bandung "